10 Rekomendasi Film Tentang Kapal Selam Terbaik Sepanjang Masa

rekomendasi film kapal selam

Viploda.net | Tragedi hilangnya KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali menjadi duka mendalam bagi masyarakat Tanah Air. Apalagi setelah TNI secara resmi merilis pernyataan bahwa KRI Nanggala 402 dinyatakan Subsunk (tenggelam). Untuk memberi gambaran tentang kehidupan di dalam kapal selam, ada beragam film menarik berlatar kapal selam yang telah diproduksi.

Diangkat dari kejadian nyata, film ini berkisah tentang kecelakaan kapal selam milik Rusia, Kurks. Kejadian ini menjadi salah satu bencana maritim paling memilukan yang pernah terjadi. Film Kursk bercerita tentang tragedi ledakan di kapal selam Kursk pada tahun 2000. Sebanyak 118 awak kapal dinyatakan tewas, sedangkan 23 lainnya berhasil selamat.

Film yang juga dikenal dengan judul The Command (2018) ini menyuguhkan kisah para korban yang masih berada di dalam kapal selam hingga pemerintah Rusia yang berusaha mengevakuasi mereka. Kapal ini diceritakan hilang di dasar laut Barents. Hunter Killer berkisah tentang misi tim kapal selam Amerika Serikat untuk menyelamatkan presiden Rusia yang di kudeta oleh kelompok militan di negaranya. Momen penculikan tersebut menjadi pemicu Perang Dunia 2. Kapten Joe Glass (Gerard Butler) harus menuju ke lokasi di mana kapal Rusia tenggelam.

Di sana, bersama pasukan Amerika Serikat, ia harus berupaya menyelamatkan presiden Rusia. Kisah ini diambil dari novel berjudul Firing Point yang ditulis Don Keith dan George Wallace. Film ini bercerita tentang kehidupan para tentara yang menjalankan tugas khusus di U Boot bernama U 96, ketika Perang Dunia 2 berkecamuk di Atlantik. Sekadar pengetahuan, U Boot (atau U boat dalam bahasa Inggris) merupakan sebutan bagi kapal selam militer buatan Jerman. Das Boot yang disutradarai oleh Wolfgang Petersen berdasarkan novel karya Lothar G Buchheim ini mengisahkan tentang beragam sisi yang dialami para tentara di dalam kapal selam Jerman tersebut.

Film berbahasa Perancis ini kisahkan seorang nahkoda kapal selam dengan kemampuan mendengar yang luar biasa. Chanteraide (Francois Civil) mampu mendengar apapun, termasuk di kedalaman. Sebuah kesalahan membuat nyawa banyak orang terancam, dan Chanteraide mencoba mengembalikan kepercayaan orang orang di sekitarnya untuk menyelamatkan kapal selam. Film K 19 mengisahkan seorang kapten kapal selam, Alexi Vostrikov (Harrison Ford) yang bertugas pada perang dingin. Ia ditugaskan untuk mengambil alih komando kapal selam nuklir K 19.

Namun, seiring kendalinya, sejumlah masalah mulai bermunculan, menambah beban yang didapuk oleh Alexi. Sebuah ledakan bisa terjadi, mengancam penumpang dan dapat memicu peperangan. Pada bulan November 1984, di puncak Perang Dingin, Uni Soviet menciptakan sebuah kapal selam bersenjata nuklir baru. Kapal selam ini mampu meluncur dalam hening berkat temuan mesin penggerak yang revolusioner. Namun, kapten kapal selam Rusia, Marko Ramius yang diperankan oleh aktor Sir Sean Connery, tiba tiba membelot. Ia membawa kapal selam Rusia menuju AS untuk mencegah Rusia menggunakannya untuk memulai perang nuklir melawan AS.

Film Black Sea mengisahkan Robinson (Jude Law), seorang mantan anggota angkatan laut yang mengumpulkan para awak kapal yang terbuang dan tak memiliki pekerjaan. Mereka ditugaskan menemukan kapal peninggalan Nazi yang disebut menyimpan banyak emas. Keserahakan anggota tim membuat ekspedisi tersebut harus tersandung sejumlah masalah. Selama Perang Dunia 2, sebuah kapal selam perusak Amerika Serikat (AS) bertemu dengan sebuah kapal selam Jerman. Kedua kapal selam ini pun terlibat dalam duel mematikan.

Sang kapten Amerika harus mengerahkan segala kemampuannya untuk mengalahkan kapal selam musuhnya, yang dipimpin oleh komandan Jerman yang sama mumpuninya. Disutradarai oleh Dick Powell, film yang dirilis pada tahun 1957 dan dibintangi oleh Robert Mitchum, Curd Jurgens, David Hedison dan Theodore Bikel. Film Operation Pacific (1951) merupakan salah satu film hitam putih yang sukses di eranya. Film ini mengambil latar belakang tentang komandan kapal selam Amerika Serikat bernama Duke Gifford.

Patroli laut yang dilakukan oleh kapal selam US akhirnya berujung konflik dengan kapal perang Jepang. Langkah yang Komandan Duke ambil membuat kapal selam mereka menjadi target dari amunisi kapal perang Jepang. Seorang kapten sebuah kapal selam yang tenggelam oleh Jepang dalam Perang Dunia 2 akhirnya beroleh kesempatan kedua untuk memimpin sebuah kapal selam lain setelah setahun ditugaskan bekerja di balik meja. Sang kapten yang diperankan oleh aktor Clark Gable pun bertekad untuk membalas dendam terhadap kapal selam musuh yang telah menenggelamkan kapal selamnya sebelumnya. Misinya ini membahayakan para awak kapal selam di dalamnya.

Comments

Popular posts from this blog

5 Rekomendasi Produk Tas Ransel Wanita Untuk Tampil Mempesona

Intip Tips Perawatan Printer Biar Lebih Awet

4 Tips Bagi Trader Pemula