Gula Aren VS Gula Putih! Mana Lebih Sehat?

gula aren vs gula putih

Viploda.net | Gula Aren dan Gula Putih - Ada banyak sekali jenis-jenis gula yang bisa dikonsumsi setiap hari. Mulai dari gula putih, gula merah, gula bit hingga gula aren.

Gula cokelat atau brown sugar menjadi salah satu gula yang cukup unik serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa brown sugar lebih baik dibandingkan gula putih.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai brown sugar yang katanya baik untuk kesehatan.

Perbedaan Brown Sugar dan Gula Putih

  • Perbedaan Warna

Perbedaan paling mencolok adalah dari namanya. Brown sugar memiliki warna lebih gelap dibandingkan gula putih. Brown sugar dibuat dengan campuran gula putih serta molase.

Molase inilah yang menyebabkan brown sugar berwarna lebih gelap. Selain itu molase juga membuat brown sugar memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

  • Kandungan Nutrisi

Selain terdapat pada perbedaan warna, kandungan nutrisi atau gizi pada brown sugar juga cukup berbeda dengan gula putih. Kandungan zat besi, kalium dan kalsium yang ada pada brown sugar lebih tinggi dibandingkan dengan gula putih.

Selain itu, gula coklat memiliki kandungan kalori yang sedikit sehingga brown sugar banyak digunakan untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan. Namun, pastikan Anda mengkonsumsi gula dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan.

  • Perbedaan Rasa

Selain memiliki perbedaan warna dan kandungan nutrisi yang ada didalamnya, brown sugar dan gula putih juga memiliki perbedaan rasa. Gula putih memiliki rasa yang lebih jernih dibandingkan gula cokelat yang memiliki rasa sedikit lebih pekat.

  • Manfaat Kesehatan

Melihat perbedaan kandungan nutrisi pada gula cokelat dan putih yang tidak jauh berbeda, kedua gula ini juga memiliki manfaat kesehatan. Manfaat gula bisa dirasakan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Jumlah takaran gula untuk dikonsumsi setiap harinya yaitu tidak lebih dari 10% kalori harian. Dengan mengkonsumsi gula sesuai takaran, maka Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan tetap menjaga kadar gula darah. Mengkonsumsi gula secara berlebih meskipun memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh justru akan menambah komplikasi dan penyakit.

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Pertama pada Orang yang Pingsan

Tata Cara Sholat Tahajud, Dilengkapi Niat dan Doa setelah Sholat Tahajud, Tulisan Arab dan Latinnya

Heboh Penampakan Makhluk Aneh di Sumbar, Berjalan Tegak Seperti Orang, Berbau Busuk