Intip Tips Perawatan Printer Biar Lebih Awet

Tips Perawatan Printer Biar Lebih Awet

Viploda.net | Tips Merawat Printer - Printer sudah menjadi barang yang setidaknya harus kamu miliki jika kamu adalah seorang siswa atau pekerja yang harus selalu menghasilkan dokumen dalam bentuk fisik. Tidak hanya untuk kertas, jenis printer pun sudah banyak, ada printer label barcode, printer thermal, dan sebagainya. Bagi kamu yang memiliki printer, ada baiknya kamu melakukan perawatan agar printer kamu lebih awet. Jadi bagaimana cara merawat printer agar lebih awet? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Jaga Kebersihan Printer

Tidak hanya alat elektronik lainnya yang harus selalu dijaga kebersihannya, perlakuan untuk printer pun sama. Ketika kamu sudah selesai menggunakan printer, ada baiknya kamu menutup seluruh permukaan printer menggunakan kain lembut. Tutup semua permukaan dan pastikan bagian untuk memasukan kertas tertutup untuk menghindari debu yang masuk dan menumpuk di kemudian hari. Jika abai, debu yang menumpuk aka menggangu fungsi printer karena debu tersebut akan mengganjal kertas. Tidak hanya itu, debu juga bisa menggangu bagian printer head dan bisa menyebabkan printer head rusak di kemudian hari. Selain menutup, pastikan untuk membersihkan printer secara berkala, minimal satu kali dalam seminggu.

  1. Lakukan Proses Clean Head

Tujuan dari clean head ini adalah agar printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik dan bisa menyalurkan ke kertas secara maksimal. Sistem perawatan ini biasanya dimiliki oleh setiap printer. Untuk melakukan proses ini, kamu bisa membaca buku manual yang sudah disediakan oleh pabrikan printer. Proses clean head ini baiknya dilakukan setiap 1-2 minggu sekali dan jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan tempat tinta tidak bisa menampung tinta yang mengkibatkan kebocoran.

  1. Gunakan Printer Secara Rutin

Jika kamu memiliki printer, usahakan untuk menggunakannya secara rutin, ya. Karena printer yang sering digunakan secara rutin akn memiliki kondisi mesin yang optimal. Sementara printer yang jarang digunakan akan cenderung lebih cepat rusak, karena tinta yang jarang digunakan akan mengering dan tidak baik untuk kondisi printer head. Karat dan tinta yang mengering pada printer head akan sulit dibersihkan yang menyebabkan tinta tidak bisa keluar.

  1. Matikan Printer Saat Tidak Digunakan

Tidak hanya manusia yang membutuhkan istirahat, mesin printer pun demikian. Jika kamu belum ada rencana untuk menggunakannya, ada baiknya kamu matikan saja printer. Dengan begini printer bisa beristirahat dari tugasnya mencetak dokumen-dokumen yang kamu miliki. Printer yang memiliki jeda untuk beristirahat justru mampu membuat printer lebih awet. Selain itu, jika kamu merawat printer seperti ini mampu mencegah adanya arus pendek. Walaupun hal ini jarang terjadi namun lebih baik mencegah sebelum terjadi, bukan?

  1. Mencetak Secara Berlebihan

Laiknya pada kinerja mesin lainnya, apabila dipergunakan secara berlebihan maka mesin akan berumur lebih pendek. Begitu pula dengan printer yang dipaksa untuk selalu bekerja ekstra dalam mencetak dokumen. Jika memang dibutuhkan mencetak dalam jumlah yang banyak, kamu bisa lakukan secara bertahap.

Itulah 5 cara merawat printer agar lebih awet yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Dengan adanya perawatan berkala yang dilakukan sendiri, kamu bisa sekaligus memeriksa kondisi printer dan bisa irit biaya karena tidak melulu harus dibawa ke jasa service printer untuk perawatan berkala. Semoga artikel ini membantu, ya!

Comments

Popular posts from this blog

5 Rekomendasi Produk Tas Ransel Wanita Untuk Tampil Mempesona

Syarat Mendapatkan BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Bulan Ramadhan: Berikut Pengertian, Kedudukan, Cara Mengetahui dan Menyambutnya