Fakta Kejutan Euro 2024: Timnas Spanyol Tanpa Armada Real Madrid, Panggilan Perdana Laporte

Viploda.net | Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique secara resmi telah merilis skuat timnya menyambut turnamen Euro 2020 yang bakal digelar tahun ini. Mantan juru taktik tim Barcelona itu mengeluarkan beberapa keputusan mengejutkan dalam pemilihan skuat Timnas Spanyol dalam gelaran Euro edisi kali ini. Sebagaimana contoh perihal keputusan Luis Enrique yang tidak memanggil satupun pemain asal Real Madrid.

Nama nama seperti Nacho Fernandes, Isco, Marco Asensio hingga Daniel Carvajal tak ada satupun yang masuk dalam skuat tim berjuluk La Furia Roja tersebut. Bahkan nama Sergio Ramos yang menjadi palang pintu andalan sekaligus kapten utama Timnas Spanyol tidak masuk dalam panggilan tim. Khusus bagi Sergio Ramos, Luis Enrique menjelaskan alasannya tidak memanggil sang kapten.

Faktor permasalahan cedera yang diderita Sergio Ramos menjadi alasan utama Luis Enrique tidak memasukan nama sang pemain ke dalam skuatnya. Sergio Ramos yang baru saja pulih dari cedera yang diderita masih perlu waktu untuk memulihkan kondisinya. Alhasil dengan jangka waktu yang cukup mepet membuat Sergio Ramos terpaksa harus tidak dibawa dalam skuat Timnas Spanyol menghadapi Euro edisi kali ini.

"Saya telah memberi tahu Sergio Ramos tadi malam lewat telepon, dia hampir tidak bermain atau berlatih dengan skuat sejak Januari," akui Luis Enrique dalam sesi konferensi pers, dilansir Marca. "Saya peduli dengan keuntungan yang dimiliki skuat kami dan saya mengatakan kepadanya untuk memikirkan dirinya terlebih dahulu,". "Sehingga nantinya dia bisa kembali ke bentuk permainan terbaiknya dan terus bermain untuk klub serta negaranya," jelasnya.

Keputusan tak terduga yang dikeluarkan Luis Enrique tak berhenti disitu saja. Pelatih asli Spanyol itu secara mengejutkan mencantumkan nama Aymeric Laporte dalam skuat pilihannya. Laporte yang saat ini memperkuat tim Manchester City sebenarnya memiliki kewarganegaraan utama negara Perancis.

Hanya saja memang Laporte belum pernah sekalipun mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Perancis. Padahal jika melihat performanya bersama klub, Laporte dipandang sangat layak dipanggil Timnas Perancis yang dibesut Didier Deschamps. Alhasil minimnya peluang itu dimanfaatkan Laporte untuk beralih kewarganegaraan menjadi warga Spanyol.

Keputusan Aymeric Laporte berubah kewarganegaraan mendapat restu dari induk sepak bola dunia, FIFA. FIFA memandang tak ada masalah soal alih status kewarganegaraan dari sang pemain karena mengacu pada kepemilikan paspor Spanyol. Bergantinya status warga negara dari bek Manchester City dapat menguntungkan Spanyol di ajang Euro 2020 mendatang.

Sebab, timnas berjuluk La Furia Roja itu seperti kehilangan bek dengan kualitas mumpuni dalam beberapa waktu terakhir. Dengan CV yang cukup mentereng, Aymeric Laporte dapat memberikan kualitas permainan yang berbeda dari bek La Furia Roja lainnya. Hadirnya Laporte akan menjadi duet palang pintu pertahanan andalan bersama Pau Torres maupun Eric Garcia.

Unai Simon (Athletic Bilbao), David de Gea (Manchester United), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion) Jose Gaya (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Eric Garcia (Manchester City), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Diego Llorente (Leeds United) Marcos Llorente (Atletico Madridd), Sergio Busquets (Barcelona), Rodri (Manchester City), Pedri (Barcelona), Thiago Alcantara (Spanyol), Koke (Atletico Madrid), Fabian Ruiz (Napoli)

Dani Olmo (RB Leipzig), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Alvaro Morata (Juventus), Gerard Moreno (Villarreal), Ferran Torres (Manchester City), Adama Traore (Wolverhampton), Pablo Sarabia (Paris Saint Germain)

Comments

Popular posts from this blog

5 Rekomendasi Produk Tas Ransel Wanita Untuk Tampil Mempesona

Syarat Mendapatkan BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Bulan Ramadhan: Berikut Pengertian, Kedudukan, Cara Mengetahui dan Menyambutnya